Jurnal

Rabu, 25 November 2020

Hari minggu pekan lalu aku dan seorang kawan perempuan menyempatkan diri untuk berkunjung ke Groningen. Aku tentu tahu konsekuensinya, dimasa mendatang nanti aku akan selalu mengingat kawanku ini setiap kali berkunjung ke Groningen. Kunjungan kami dibuka dengan secangkir cappuccino dan apple pie. Kami nikmati dengan santai dipinggir kanal utama sambil membayangkan rute demi rute yangContinue reading “Rabu, 25 November 2020”

Sabtu, 14 November 2020

Mungkin sudah lebih dari sebulan aku tidak menulis. Aku temukan bahwa keinginanku untuk menulis biasanya hadir ketika perasan sedang rancu, sedang kalut. Hari ini contohnya, meskipun hari ini hari sabtu, yang mana biasanya I’m happy boy by default in Saturday, hari ini nampaknya perasaanku angin-anginan sekali. Aku pikir ini adalah penyebab dari tugas yang menumpukContinue reading “Sabtu, 14 November 2020”

Minggu, 28 September 2020

Malam ini aku putuskan untuk menelusuri dunia malam Enschede. Singkat cerita, supaya tidak terlalu nelangsa aku ajak seorang kawan untuk ikut. Rencananya sederhana, mencari tempat makan yang masih buka pukul 1 malam. Kita janjian jam 00.20 di lobby dan pukul 00.24 dia sampai di lobby. Aku harus bilang bahwa kawanku malam ini sangat cantik. DiaContinue reading “Minggu, 28 September 2020”

Rabu, 23 September 2020

Sebulan sudah aku hidup di negara orang. Merasakan ketidak jenak-an cuaca dari dingin ke panas, dan dari panas ke dingin yang sungguh tidak menentu. Malam ini pukul satu lebih dua belas suasana hatiku lagi tidak karuan. Singkat cerita, sudah banyak sekali hal yang terjadi dalam sebulan terakhir. Aku sempatkan beli sepeda tangan kedua dari seorangContinue reading “Rabu, 23 September 2020”

Sabtu, 29 Agustus 2020

Seminggu terakhir terasa cukup tidak nyata. Dimulai pada hari Kamis 20 Agustus saat permusafiran selama 2 tahun dimulai, meninggalkan banyak hal-hal yang aku sayangi di Jogja. Semua diawali dari pamit-pamitan dirumah, berpeluk-pelukan dengan mama, bapak, dan kakakku lalu diantar oleh supir keluarga ke Bandara YIA. Bandara YIA, yang katanya mahsyur dan didesain dengan berbagai nilaiContinue reading “Sabtu, 29 Agustus 2020”

Selasa, 11 Agustus 2020

Barusan aku selesai menonton Made in Italy, membuatku semakin ingin untuk hidup di Eropa Selatan. Aku bayangkan kehidupan di sana memiliki fase yang pelan dan menenangkan. Orang-orang menghargai makanan, seni, dan budaya dalam berpakaian. Dimasa depan nanti, bila memungkinkan, aku ingin tinggal di tempat dengan pemandangan bagus, makan makanan yang enak, serta memiliki keseharian yangContinue reading “Selasa, 11 Agustus 2020”

Rabu, 5 Agustus 2020

Kemarin (4 Agustus) aku menyempatkan diri untuk ikut reuni singkat dengan beberapa teman SMP. Seperti biasa, kita adakan sesi sparring basket di lapangan SMP 6 sambil sedikit update tentang kehidupan satu sama lain. Sesi sparring kemarin sekaligus menjadi momen perpisahan sebelumnya akhirnya tanggal 20 besok aku melenggang ke Belanda untuk melanjutkan studi, InsyaAllah. Kemarin jugaContinue reading “Rabu, 5 Agustus 2020”

Minggu, 2 Agustus 2020

Barusan aku selesai menonton sebuah film berjudul Night Train to Lisbon. Film itu bercerita tentang seorang professor yang mendapati dirinya berkelana di Kota Lisbon sambil merenungkan memoire dari seorang ex resisten Portugal. Sang profesor merasa bahwa hidup yang ia miliki membosankan, dan berkat menulusuri kehidupan Amadeo (sang ex resisten), gairahnya akan “hidup” seolah bangkit kembaliContinue reading “Minggu, 2 Agustus 2020”


Follow My Blog

Get new content delivered directly to your inbox.

%d bloggers like this: